DSC03319

PT Rig Tenders Indonesia Tbk (“Perseroan” atau “Rig Tenders”) adalah perusahaan publik berbasis di Indonesia yang bergerak di penyediaan jasa logistik kelautan untuk industri minyak dan batubara.

Kegiatan usaha Perseroan diklasifikasi ke dua kategori: batubara dan lepas pantai. Segmen batubara memberikan layanan penyewaan kapal tarik dan tongkang pada perusahaan tambang untuk pengangkutan batubara dan agregat lainnya. Sedangkan segmen lepas pantai melayani penyewaan kapal persediaan dan tongkang akomodasi pada perusahaan industri hulu untuk mendukung kegiatan lepas pantai mereka.

Perseroan memiliki dan mengoperasikan armada yang terdiri dari anchor handling supply tug, tug boats, accommodation/work over barges, flat top barges dan self- discharging barges.

Perseroan memiliki 7 (tujuh) anak perusahaan, 4 (empat) melalui kepemilikan langsung yaitu Rig Tenders Marine Pte Ltd, CH Logistics Pte Ltd, CH Ship Management Pte Ltd dan Grundtvig Marine Pte Ltd; 2 (dua) melalui kepemilikan tidak langsung, yaitu: PT Batuah Abadi Lines (melalui Grundtvig Marine Pte Ltd) dan Scomi Vessels Pte Ltd (melalui PT Batuah Abadi Lines); dan 1 (satu) melalui joint venture dengan Marco Polo Ventures Pte. Ltd, yaitu Rig Tenders Offshore Pte Ltd.

Perseroan awalnya didirikan sebagai perseroan terbatas, sebuah joint-venture antara Bapak Boedihardjo Satrohadiwirjo dengan Rig Tenders Inc dalam rangka Undang-Undang Penanaman Modal Asing No. 1 Tahun 1967 jo. Undang- Undang No. 11 Tahun 1970, berdasarkan Akta Notaris Ny Darwani Sidi Bakaroedin, S.H., No. 25 tertanggal 22 Januari 1974 yang disetujui oleh Menteri Kehakiman Republik Indonesia dalam Surat Keputusan No. Y.A.5/98/10 tertanggal 1 April 1974 serta diumumkan dalam Berita Negara Republik Indonesia No. 39, tanggal 14 Mei 1974, Tambahan No. 187/1974.

Anggaran Dasar Perseroan telah beberapa kali mengalami perubahan. Perubahan Anggaran Dasar Perseroan terakhir dilakukan berdasarkan Akta Notaris Stephanie Wilamarta SH, tanggal 22 September 2015 No. 128. Perubahan tersebut telah mendapatkan persetujuan dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.

Dalam mendukung kegiatan usaha Perseroan, Grup memiliki dan mengoperasikan armada kapal. Per tanggal 31 Maret 2017, Grup memiliki 76 kapal, terdiri 2 Accomodation Work Barges, 1 Anchor Handling Tug Supply Vessel, 7 Supply Discharging Barges, 22 Barges, dan 44 Tug Boats.